Sabtu, 25 Juli 2015

Halal Bihalal

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 Puji syukur kepada Allah SWT akhirnya Ramadhan telah usai, semoga bulan Ramadhan ini benar-benar telah meningkatkan jiwa kita sehingga semua aktivitas kita terdorong dengan motivasi rohani. Para Pakar islam berkata bahwa ada dua motivasi dari setiap kegiatan manusia, yg pertama motivasi nafsani dan motivasi ruhani. Apabila anda melakukan kegiatan hanya sekedar untuk bersenang senang, memuaskan nafsu anda, maka itu karena motivasinya adalah nafsani. Makan , minum atau apapun kegiatan kalau hanya bersifat sesuatu yg merupakan dorongan nafsu maka kelezatannya akan cepat hilang. Tetapi kalau dorongan itu adalah dorongan ruhani maka kelezatannya akan langgeng, dan akan terasa sangat indah dan nyaman. 

Banyak diantara kita yang mudik ke kampung, kalau tujuan dari mudiknya adalah nafsani, maka bisa jadi dia kembali untuk memamerkan keberhasilannya diluar kota. Itu kesenangannya hanya sementara. Tetapi kalau tujuan dan motivasinya adalah ruhani, maka tanpa dia membawa sesuatu, dia membawa dirinyapun untuk bertemu dengan keluaga maka dia akan merasakan kenikmatan yang luar biasa.

Memang, kembalinya ruh selalu membawa keindahan , kelezatan dan kenikmatan. Mudik dengan demikian akan menghasilkan sesuatu yg tidak tergambar indahnya dengan kata-kata.

Saudara, Lebaran kita jadikan momentum untuk menjadikan segala aktivitas kita terdorong oleh motivasi ruhani dan dengan demikian  segala sesuatu yang diajak oleh nafsu angkara akan kita hindari. Semoga kita bisa menghindarinya berkat keberhasilan kita didalam bulan puasa.

Ya Allah, Wahai Yang Memperkenankan do'a, Wahai Yang Memenuhi segala hajat, ini bulan puasa telah mengucapkan selamat perpisah dengan kami, maka Ya Allah terimalah do'a-do'a yang kami panjatkan didalam bulan puasa  dan jadikanlah kami bertemu dengan bulan mulia dari tahun ke tahun dalam RidhoMu Ya Allah. 

Allahumma Shalli Alaa Sayyidina Muhammad Wa'ala alihi Washahbihi Wasallam.

 

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُ

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar